History Dibalik Negeri Wano yang Tertutup

 


Negeri Wano One Piece adalah negeri negara isolasionis yang kuat dan tidak berada di kekuasaan dunia. Dahulu negara ini dikenal dengan negara Emas. Sekarang Wano dikenal dengan negara yang jahat sebab dikuasai oleh shogunnya, Kurozumi Orochi.

Asal Mula Negeri Wano 

Negara Wano merupakan pulau berbentuk seperti kacang yang membelah dan terbagi menjadi enam wilayah. Wano terletak di dekat Pulau Onigashima. Dulu negara ini dipimpin oleh keluarga Kozuki, yang setiap wilayahnya diperintah oleh seorang daimyo. Namun, Orochi mengambil paksa kekuasaan ketika Kozuki Oden diangkat menjadi daimyo.

Ketika Orochi mengambil alih kekuasaan negara Wano, Oden dieksekusi. Ketika itu juga daimyo lainnya melakukan pemberontakan terhadap pasukan orochi. Daimyo tak bisa mengatasi pemberontakan tersebut dan akhirnya kehilangan kekuasaannya. Akhirnya, negara Wano menjadi wilayah kekuasaan orochi.

Wano Menjadi Negara yang Kejam

Pemerintahan Wano menjadi negara yang berantakan dan rusak. Hal ini tak lain adalah ulah dari Shogun Kurozumi Orochi. Shogun dan para pejabat lainnya menindas dan memperlakukan warganya dengan tidak wajar. Orochi menindas para warga dengan melakukan propaganda manipulatif untuk mencuci otak warganya.

Hal itu dilakukan Orochi agar memperkuat aturan kebijakannya yang mengidolakan dirinya sendiri sebagai pahlawan besar yang selalu membicarakan hal buruk tentang keluarga Kozuki, khususnya sughon Oden. Orochi memfitnah Oden akan membawa Wano ke kehancuran dengan melanggar isolasi dan membuka perbatasan Wano ke dunia luar.

Wano Negara Tertutup

Negeri Wano memiliki aturan bahwa warganya tidak boleh berinteraksi dengan dunia luar. Tak hanya itu, menerima berita internasional pun tak dibolehkan. Tetapi Orochi dengan Kaido munafik dan mengabaikan kebijakan mereka sendiri. Mereka melakukan hubungan internasional dengan Bajak Laut Beasts di Onigashima.

Barang siapa yang melanggar kebijakan ini akan dihukum. Begitu juga dengan orang luar yang memasuki negara Wano. Negara ini sangat akrab dengan konsep Haki, namun mereka tidak menyadari istilah aktual yang disebutkan oleh dunia luar. Disini mereka hanya mengenal aliran Ryuo.

Jadi, begitulah kisah negeri Wano One Piece yang dulunya merupakan negara dengan pemerintahan yang baik. Hingga kini Wano menjadi negara tertutup yang sangat kejam dengan warganya.